Monday, May 9, 2011

Laporan Hasil Kunjungan ke Museum Air Tawar TMII

Museum Air Tawar merupakan salah satu dari banyak museum yang ada di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Museum ini sangat berguna bagi masyarakat Indonesia terutama para siswa yang ingin lebih mengenal berbagai jenis ikan air tawar. Selama ini masyarakat lebih dulu mengenal keragaman jenis ikan air laut melalui keberadaan Sea World di Taman Impian Jaya Ancol.
Museum ini pun cukup penting keberadaannya mengingat Indonesia memiliki lebih dari 25% jumlah jenis ikan sedunia. Hal ini cukup membanggakan sekaligus memerlukan usaha keras berbagai pihak untuk melestarikannya karena keanekaragaman hayati nusantara tersebut adalah modal dasar pembangunan nasional.
Masyarakat Indonesia sejak ratusan tahun telah mengenal beberapa jenis ikan, terutama di daerah Jawa Barat, antara lain: Gurami, Ikan Mas, Tawes, dan Tambakan. Disamping menjadi ikan konsumsi, jenis-jenis tersebut juga digemari sebagai ikan hias di kolam maupun di akuarium terutama setelah dapat ditumbuhkan variasi seperti ekor panjang/kumpai dan warnanya.
Lokasi museum air tawar berada tepat setelah museum transportasi dan museum keprajuritan. Adapun lokasi yang berada dalam lingkungan museum ini adalah museum serangga dan museum pusaka.
Setelah membayar tiket masuk di loket sebesar Rp 15.000,00/orang untuk dua lokasi sekaligus (museum air tawar dan museum serangga), kita langsung disambut oleh sebuah akuarium gerbang.
Dalam aquarium gerbang ini dipamerkan keanekaragaman jenis ikan di dunia. Jenis tersebut mewakili beberapa benua, yaitu: Asia, Amerika, Afrika dan Eropa. Indonesia dalam koleksi ini diwakili oleh ikan Sugli dan Jelawat yang besar. Dunia air tawar mempunyai pesona tersendiri. Mengingat Indonesia adalah negara kepulauan maka jenis-jenis ikan yang hidup di air tawar di pulau-pulau nusantara yang jumlahnya 17.508 pulau merupakan suatu rangkaian-rangkaian yang indah dan menarik.
Setelah melewati aquarium gerbang, pengunjung akan menemukan koleksi ikan yang sangat banyak dan cukup memuaskan dahaga keingintahuannya. Semua koleksi ikan itu berada dalam aquarium kaca maupun di kolam buatan. Sebelumnya sebagian besar pengunjung mungkin tidak menduga akan melihat beberapa jenis ikan air tawar yang ukurannya cukup besar, cukup mengejutkan.
Semakin ke dalam, pengunjung akan disuguhi pemandangan mengesankan berupa koleksi beberapa ikan dan biota air tawar yang langka dan unik, antara lain: Ikan Gajah, Ikan Buaya, Ikan Piranha, Labi-Labi, Kura-Kura Buaya, Arwana berkepala dua, Arwana kembar siam, Belut listrik, dan sebagainya.
Ketika selesai melihat semua koleksi yang dipamerkan, tepat sebelum pintu keluar museum, terdapat toko-toko souvenir yang menawarkan berbagai pernak-pernik berbentuk ikan maupun beberapa jenis ikan hidup. Cukup banyak pengunjung yang mampir untuk membeli atau hanya sekedar melihat-lihat.



Nama
:
:
M. Al Ikhwan Hanif
Fadhil Prastya Mulya Arasti
Obyek Pengamatan
:
Museum Air Tawar
Waktu Pengamatan
:
Minggu,26 September 2010
Lokasi
:
TMII,Jakarta Timur Provinsi DKI Jakarta

4 comments:

  1. Kesimpulannya, museum air tawar bisa dijadikan alternatif wisata keluarga atau study tour bagi pelajar TK atau SD. Selain murah meriah, juga bisa menambah wawasan, ga hanya menonjolkan kesenangan semata seperti wisata yang belakangan ini marak seperti waterboom dsb.

    Makasih masukannya.

    ReplyDelete
  2. Itu kan hanya laporan study tour pribadi anak saya yang waktu itu kelas 6 SD. Dia mendapat tugas dari sekolahnya, jadi laporannya pun ala kadarnya, khas anak SD. Hehe...

    ReplyDelete
  3. nice info_a sobat, visit me back

    ReplyDelete